Manfaat Lemon bagi Kesehatan Tubuh



Lemon merupakan buah yang banyak di temui di pasaran yang memiliki banyak manfaat. Lemon terkenal sebagai buah yang memiliki rasa yang masam karena mengandung asam sitrat. Selain kandungan asam sitrat, lemon juga mengandung vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B1, B2, B3, dan B5, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, gula, karbohidrat, serat, lemak dan protein.

Namun, banyak orang yang belum mengetahui banyak tentang khasiat yang dimiliki oleh buah yang satu ini. Lemon memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik bila dikonsumsi secara rutin bagi tubuh manusia. Berikut manfaat lemon bagi kesehatan tubuh :

Melancarkan Sistem Pencernaan


Lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di dalam perut, sehingga mampu membantu masalah buang air besar dan menghilangkan limbah tubuh dengan baik. Konsumsi jus lemon hangat di pagi hari, mampu melancarkan buang air besar secara teratur. Selain itu, jeruk lemon juga mampu membantu masalah pencernaan lain seperti mual ketika naiknya asam lambung.

Mencegah Penyakit Kanker


Salah satu kegunaan jeruk lemon menurut penelitian para ahli adalah mengandung 22 senyawa anti kanker,  yang meliputi limonene yang berfungsi memperlambat pertumbuhan tumor kanker, dan glikosida flavonol yang dapat menghentikan pembelahan sel pada sel kanker. Setelah radiasi dan kemoterapi, lemon mampu menghilangkan jejak sisa radiasi dan memurnikan darah.  Sehingga, khasiatnya sangat baik bagi pemulihan penyakit kanker.

 Mendetoksifikasi Racun 


 Jus lemon sangat baik untuk membantu membersihkan darah dan membuang racun dari dalam tubuh. Lemon juga mampu membantu untuk melarutkan asam urat dan racun lainnya, serta membantu untuk mencairkan empedu, sehingga membantu untuk merangsang hati dan mendetoksifikasinya. Asam sitrat pada lemon memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja organ hati sehingga memaksimalkan proses detoksifikasi pada tubuh secara keseluruhan melalui air kencing. Vitamin C yang ditemukan dalam lemon juga dapat membantu untuk menetralkan radikal bebas.

Merawat Kesehatan Mulut dan Gigi


 Lemon dapat digunakan dalam pembersihan rutin gigi. Selain itu, lemon juga dapat menghilangkan bau mulut yang  berasal dari berbagai penyakit dan kondisi gusi. Jeruk lemon juga mampu membantu meredakan sakit gigi serta radang gusi. 

Mempercepat Proses Penyembuhan 


 Kandungan vitamin C pada lemon mampu membantu proses pemulihan, mempercepat penyembuhan luka, dan merupakan nutrisi penting dalam pemeliharaan kesehatan tulang, jaringan ikat, dan tulang rawan. Vitamin C dalam lemon memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin C merupakan nutrisi penting dalam pemeliharaan kesehatan yang baik dan pemulihan dari stres dan cedera. Lemon telah ditemukan sebagai makanan satu-satunya di dunia yang anionik (ion dengan muatan negatif), jadi sangat penting bagi tubuh.

Menstabilkan Tekanan Darah 

Kandungan kalium di dalam lemon mampu mengontrol tekanan darah, pusing dan mual, karena memberikan sensasi menenangkan untuk pikiran dan tubuh. Sehingga buah lemon banyak digunakan untuk mengurangi stres mental dan masalah depresi.

Selain manfaat diatas, masih banyak sekali khasiat jeruk lemon bagi kesehatan tubuh seperti menghilangkan cacingan dalam tubuh, mencegah penuaan dini, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan lainnya. Maka dari itu, mari kita konsumsi jus lemon untuk kesehatan tubuh yang lebih baik!

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Kata Mutiara Unik dan Menarik #Part1

Aku dan Spongebob

Pelajar Yang Berniaga